BANYUWANGI | jejakindonesia.id – Banyuwangi Travel Mart (BTM) 2025 menjadi sorotan sebagai ajang pertemuan Business to Business (B2B) yang mempertemukan 80 buyer potensial dari seluruh Indonesia dengan 45 seller unggulan dari berbagai sektor pariwisata. Acara ini mengintegrasikan hotel, pusat oleh-oleh, destinasi wisata, agen perjalanan, transportasi, hingga atraksi wisata dari Banyuwangi, Bali, Malang, Semarang, serta Malaysia.
Mengusung tema “Explore The Authentic, Connect to The World”, Humas BTM 2025, Angela Pitasari Citra, berkomitmen mendukung program promosi Kementerian Pariwisata RI dan dukungan penuh terhadap fokus pariwisata gastronomi, wellness, dan marine tourism yang sejalan dengan program 3B (Banyuwangi, Bali Barat, Bali Utara).
“Saat ini kami mendukung promosi pariwisata berbasis kekayaan lokal, termasuk menghadirkan kapal cepat Ekspres Bahari untuk mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata,” ujar Angela, pada Selasa (10/6/2025), di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.
Salah satu buyer dari Jakarta, Denny Martin, menyatakan apresiasinya terhadap acara ini.
“Senang sekali bisa bertemu teman-teman seprofesi. Harapannya, kita semua bisa berkontribusi bersama dalam memajukan pariwisata,” kata Denny, yang juga owner PT. Karya Anjani International.
BTM 2025 diselenggarakan mulai 10-12 Juni 2025 di Pendopo Sabha Swagata Blambangan dan Grand Harvest Resort and Villa. Kegiatan ini tidak hanya menghadirkan sesi table top untuk mempertemukan buyer dan seller tetapi juga menyelenggarakan program familiarization trip (famtrip).
Peserta diajak menjelajahi keindahan Banyuwangi melalui destinasi seperti Bangsring Underwater, Pulau Bedil, Hutan Djawatan, Taman Gandrung Terakota, serta belajar budaya Suku Osing di Kemarang Resto. Acara ini juga menampilkan kapal Phinisi sebagai ikon luxury tourism Banyuwangi.
Dengan berbagai program menarik dan inovasi pariwisata yang ditawarkan, BTM 2025 menjadi bukti komitmen Banyuwangi untuk terus menjadi destinasi unggulan yang mampu bersaing di kancah nasional dan internasional. (*)