Banyuwangi, JejakIndonesia.id – Melanjutkan upaya edukasi hukum bagi generasi muda, Polresta Banyuwangi kembali menegaskan pentingnya kesadaran hukum di kalangan pelajar melalui program “Edukasi Jurnalistik Membangun Generasi Taat Hukum”. Kegiatan yang berlangsung di SMP Negeri 1 Giri, Banyuwangi ini merupakan hasil kolaborasi dengan Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) Banyuwangi dan mendapat respons positif dari para siswa serta tenaga pendidik.
Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Rama Samtama Putra, melalui Kanit Binmas Ipda Ririn, menegaskan bahwa pemahaman hukum sejak dini sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda yang bertanggung jawab. “Dengan edukasi ini, kami berharap para siswa tidak hanya memahami aturan hukum, tetapi juga mampu menghindari tindakan yang berpotensi melanggar hukum, seperti bullying, penyalahgunaan narkoba, dan judi online,” jelasnya.

Selain memberikan pemaparan tentang hukum dan dampaknya, Polresta Banyuwangi juga menekankan peran jurnalistik dalam menyebarkan informasi yang benar dan bertanggung jawab. Sesi pelatihan menulis berita yang dibimbing oleh KJJT Banyuwangi memberikan wawasan baru bagi para siswa dalam mengolah informasi dan memahami dasar-dasar jurnalistik.
Salah satu siswa, Dita, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. “Saya jadi lebih paham tentang bahaya bullying dan dampak judi online. Selain itu, belajar menulis berita juga menyenangkan dan menambah wawasan saya,” katanya.
Kepala SMPN 1 Giri, Hadi Bagijono, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menjangkau lebih banyak siswa. “Ini adalah bentuk edukasi yang sangat bermanfaat, baik dalam membangun keterampilan jurnalistik maupun menanamkan kesadaran hukum sejak dini,” ujarnya.
Polresta Banyuwangi berkomitmen untuk terus melakukan upaya preventif dalam menjaga ketertiban dan kesadaran hukum di kalangan pelajar. Ke depan, program serupa akan diperluas ke sekolah-sekolah lain di Banyuwangi sebagai langkah nyata dalam membangun generasi yang taat hukum dan bertanggung jawab. (*)